Senin, 19 Oktober 2015

[Mencoba] Komentar

#HariPenuhKritik #Day15 #BBKU

Sebenarnya tema malam ini aku mau menulis sesuatu yang bersifat emosional, emosional dalam konotasi positif. Namun gara-gara si Samid request lagu kritikan/gojekan untuk malam ini, okelah aku penuhi permintaanmu Sam.

Aku kebagian melihat, mengkritisi, menyarankan, memberi applaus, atau memberi-meberi yang lain blog dari salah seorang senior KBM yang isi blog.nya sangat berbeda dengan kaum blogger senior KBM lainnya. Penuh dengan karya dirinya sendiri, tentang animasi, komik, lukisan yang sudah di jpegisasi. Aku sedikit tertarik dengan animasi yang dibuatnya, mengingatkanku pada mata kuliah animasi yang pernah aku lalui sampai 3 kali mengulang pada masa kuliah S-1 dulu. Hahahaha...ngguyu sitik wae...

Selain itu, komik-komik yang dibuatnya secara visual unik sekaligus menggelitik, antara percakapan dengan gambar selaras, itu yang membuat lucu. Salah satu contohnya adalah kritikan beliau tentang "Yang ada badaknya", ketika seorang badak meminta haknya kepada manusia, karena ia telah dijadikan bahan untuk sebuah pembuatan iklan minuman panas dalam yang intinya menyebut identitasnya. Aku angkat topi buat pemilik blog tersebut, secara tidak langsung ia tengah mencerahkan, memberi hiburan, sekaligus mengedukasi terhadap pembaca. Namun, ada sedikit yang kurang setuju terhadap uraian-uraian diskripsi gambar tersebut, sekalipun itu blog pribadi


 Gambar. 1
Poster Kenalan KBM 2015 (Sumber: Grup FB KBM's families)

Gambar. 2
Artikel mengenai seni grafis (sumber: academia.edu)

Fokus pada gambar saja, abaikan kata-kata yang muncul di dalamnya.
Pertanyaanya, apakah dalam membuat poster kenalan KBM 2015 pada gambar 1 terinspirasi dengan gambar 2 ??? Kalau sekedar inspirasi semestinya bentuk (wajah, bendera, font, background) tidak sama persis, walaupun disitu ada perbedaan (ekspresi wajah, tangan yang pegang HP dan QR Kode). Sekedar pertanyaan saja, semoga apa yang aku sanggah ini tidak benar..hehehehe.

Terus Berkarya..semangART...Hidup DKV #Eh
#Animasi #Komik #Poster #LineArt #Karikatur

1 komentar:

  1. Itu parodi Bung. Aku malah berasumsi orang sudah pada tau poster yang kuacu. Itu poster kan poster propaganda paling terkenal seEndonesah. Gitu.

    BalasHapus