Rabu, 28 Oktober 2015

Hobbyku = Kerjaku

#Day24 #BBKU

Hello guys..Selamat malam,
Pada awalnya saya mau pamer karya audio visual tentang feature seorang pengrajin cello, sosoknya yang bersahaja dan mudah bergaul dengan tetangga, membuatnya ia menjadi buah bibit di kampungnya. Di usia senjanya, ia masih mahir memotong balok kayu besar menjadi sebuah lembaran kayu-kayu tipis untuk dijadikan sebuah alat musik keroncong. Sosok pria tersebut bernama Mintowiyono, beliau akrab disebut dengan Mbah Min.

Karena ada kendala teknis (internet lola, video tak bisa di convert) akhirnya saya berubah haluan ingin berbagi sepenggal cerita mengenai hobby sekaligus pekerjaanku.


Gambar. Pelatihan Produksi Film
Sumber. Antara Foto, 2014

Dilihat sekilas sih biasa saja, ada 3 orang pria dengan karakter masing-masing, 1 orang cakep dan unyu, 1 orang jomblo siap nikah, dan satu lagi lelaki dewasa yang sudah memiliki beberapa anak. Sedangkan kubu sebelah diwakili oleh 4 orang perempuan dewasa. Pelatihan ini membuat saya dan tim harus ekstra sabar dengan segala hal, menghadapi wanita-wanita dewasa yang pada umumnya jarang sekali tersentuh oleh barang-barang (handycam, camera pocket) yang dianggapnya mewah, membuat kami lebih berhati-hati dalam memberikan pelatihan maupun praktek langsung di lapangan. Dalam simulasi pembuatan film ini, waktu yang digunakan untuk pra produksi hingga pasca produksi hanya hitungan jam saja, yakni pukul 13.00 s.d 17.00 itu pun sudah harus finishing editing dan siap untuk screening pukul 19.00 kepada seluruh warga desa.

Ada beberapa kendala yang menghambat jalannya proses produksi, mulai dari hujan hingga re-take beberapa adegan yang dirasa kurang sesuai dengan kaidah maupun konsep audio visual. 
To be continued..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar